Wednesday, March 26, 2014

Jodoh

Jodoh.. adalah hal yang tak kita ketahui. Hanya Allah saja yang tahu tentang siapa, kapan, dan dimana kita menemukan jodoh kita. Tiap manusia di takdirkan memiliki jodohnya masing-masing. Tapi mungkin dari kita ada yang akan membantah, “:Tapi kenapa ada juga orang yang tidak mendapat jodoh hingga mati?”. Hal tersebut harus dapat kita sikapi dengan bijak, karena kita yakin Allah maha tahu akan segala sesuatu. Dan maha tahu akan apa yang terbaik bagi hambanya. Jodoh itu memiliki tiga golongan.

Ada golongan yang gampang mendapat jodoh, orang jenis ini termasuk orang-orang yang beruntung. Karena mereka di beri kemudahan dalam menemukan jodoh mereka. Golongan kedua adalah mereka yang terlambat dalam menemukan jodoh. Golongan ini tentu tak seberutung golongan pertama. Karena mereka harus mampu bersabar dan tak boleh berputus asa akan kodrat Allah yang di tentukan untuk mereka. Dan yanng terahir adalah mereka yang tak menemukan jodoh mereka bahka hingga ajal. Bukan berarti Allah tak menciptakan jodoh untuk mereka. Tapi Allah tidak mempertemukan mereka di dunia, tapi mempertemukan mereka di akherat kelak. Dan orang dari golongan ini harus memiliki keikhlasan, kesabaran, dan iman yang cukup kuat dalam menghadapi cobaan yang cukup berat ini. Karena mereka harus mampu mengekang hawa nafsu mereka hingga maut agar tak terjerumus dalam jurang kemaksiyatan.

Poin ke dua adalah dalam memilih jodoh. Allah sudah mengajarkan kita dalam kitab Al-qur’an agar memilih jodoh yang baik. Baik di sini bukan berarti baik fisiknya saja, baik ekonominya, dan tinggi pangkatnya. Hal tersebut memang penting untuk pertimbangan, tapi bukanlah hal yang utama. Yang di maksud baik di sini adalah baik agamanya dan baik pula akhlaknya. Pernah ada sebuah kisah wanita muslimah teladan yang memiliki paras cukup cantik. Hingga banyak sekali para lelaki yang berniat meminangnya. Dari lelaki yang tampan, kaya, berpangkat, atau bahkan memiliki ketiga-tiganya. Tapi semua lelaki itu di tolaknya dengan halus tanpa berniat menyakiti hati para lelaki yang meminangnya. Hingga pada akhirnya dia menikah dengan seorang lelaki miskin yang buruk rupanya. Hingga membuat para tetangganya heran dan sebagian ada yang menyebarkan gosip tak sedap. Bahwa wanita muslimah yang solehah tersebut tengah tertimpa karma karena menolak banyak lelaki yang meminangnya. Hingga akhirnya dia terjerumus dalam lubang yang dia gali sendiri dengan mendapat jodoh yang miskin dan buruk rupa.

Tentu saja gosip tersebut banyak membuat orang penasaran. Kenapa gadis yang sangat cantik mau di persuntig oleh seorng pemuda miskin yang buruk rupa. Akhirnya, pada suatu hari seorang tetangganya bertanya pada wanita itu.

http://muslimah-id.com/deretan-kisah-wanita-muslimah-tentang-arti-cinta-yang-sesungguhnya/

No comments:

Post a Comment