Tuesday, March 19, 2013

Sabar : 6 kalimat peruntuh kesombongan

saya hanya manusia biasa dan kita akan belajar bersama !


Tiada seorangpun yang lebih sabar terhadap penyakit, penganiayaan yang di dengarnya dari pada Alloh Swt, dan Dia disekutukan, dijadikan Pada-Nya anak, kemudian Dia memaafkan mereka dan memberi rizqi” (HR Bukhori, Muslim)
Sabar, mendengarkan saja mungkin anda sudah mengeluh “sabar-sabar, ah teori, agama lagi, khotbah hari gini !” jangan menyepelekan kata ini, Allah bukan sekadar membuat kata dengan atau tanpa makna dibaliknya, hanya makna ! TIDAK, terdapat faedah atau keajaiban besar dibalik itu semua, Alloh yang memberi dan Ialah yang mengambilnya.Mengekang atau mencegah itu secara bahasa. Aku bersabar, aku mengekan atau mencegah diriku. Mengekang diri artinya terus menerus melakukan ketaatan.
Kadang-kadang kita sebagai pemuda berkata “Aku melakukan kemaksiatan sedimikian rupa… maka apa yang mesti aku lakukan?”, jawabannya,”tahanlah nafsumu dengan sabar”, akan tetapi kita tak mengindahkannya dan kita jawab,”ah teori basa-basi”. Ada juga begini,”Aku ingin shalat tahajud, tapi aku selalu tidak bisa apa yang mesti aku lakukan”, maka jawabannya”bersabarlah, maka sabar akan menjawabnya.
6 Hikmah dibalik Allah menciptakan cobaan dan jawabnya sabar …..
Pertama, Mengangkat derajat
Alloh memberi cobaan kepada kita adalah untuk menambah value, mengangkat derajat kita ,“jika agama kokoh maka Alloh menambah cobaannya”. Bayangkan ketika bertemu Alloh pada hari kiamat dengan tanpa musibah pada hari kiamat dan cobaan, maka kita rugi… janganlah kita berprasangka dengan kebaikan saja kita masuk surga.
QS Ali Imron : 142 berbunyi “Apakah kamu mengira bahwa kamu masuk surge, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar”.
Kedua, kita tidak menjadi sombong dan tertipu
Bayangkan ketika kita hidup selalu damai, tenang, tentram maka apa yang akan terjadi pada kita disini ? kita akan menjadi sombong, tertipu dan merasa tinggi tidak merasa membutuhkan Alloh. Kesimpulannya agar kita kembali kepada Allah.
Ketiga, Agar engkau merindukan surga
Sesungguhnya engkau tidak akan merindukan surga kecuali engkau telah merasakn pahitnya dunia!!!. Maka bagaimana engkau melihat dunia dan merindukan surga yang menyenangkan…indah...gemerlapan. maka Allah memberi rasa pahitnya dunia agar engkau mengharapkan manisnya surga 
Keempat, Agar tidak melupakan Alloh
Kadangkala anda dan atau saya sendiri selalu memohon, berdoa, sholat, mengingatnya, mengaji terus menerus ketika kita dilanda musibah, maka musibah menjadi sebab agar kita tetap bersyukur kepada Alloh , menjadi sabar dan tidak melupakannya ketika tidak dilanda musibah. Ketika memimpikan sesuatu dan belum tercapai dan kita merasa belum cukup, Sabar dan bersyukur apa yang ada itu kan membuat kita cukup kalau tidak kita kan tersiksa “Hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” QS Az Zumar 10
Kelima, Agar kita tahu Alloh maha kuat
Dia memberi kita cobaan untuk menampakkan kekuatanNya, dengan menyelamatkan kita dari cobaan menampakkan sifat Ar-rahmah, sesungguhnya Allah menguji kemudian kita mengungsi kepadanya, dan kita tahu Allah Maha Kuasa, Maha Kuasa, Maha Penyayang.
Keenam, Karena sungguhnya Allah mencintaimu
Nabi Saw besabda:”Dan sesungguhnya Allah jika mencintai suatu kaum maka Dia menguji mereka” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). Allah menguji dan yang menang adalah orang yang sabar.
 
Banyak cerita-cerita yang dapat dijadikan pembanding ketika kita tidak percaya kata”SABAR” adalah obatnya, contoh Nabi Ayyub AS ketika dilanda penyakit setelah kekayaannya diambil, dan Ayyub pun bersabar maka Allah mengembalikan semuanya, Nabi Yusuf, Nabi Muhammad dan banyak lagi.
Renungi hayati kalimat ini, ketika kita tak merasakan apapun setelah membacanya maka hati kita dipertanyakan read this 
 
Tiada seorangpun yang lebih sabar terhadap penyakit, penganiayaan yang di dengarnya dari pada Alloh Swt, dan Dia disekutukan, dijadikan Pada-Nya anak, kemudian Dia memaafkan mereka dan memberi rizqi” (HR Bukhori, Muslim)
Poin 1 : Alloh yang menciptakan semuanya manusia dan seluruh alam semesta
Poin 2 : Tetapi diantara kita menuduh Allah, menyukutukanNya, menghujat-Nya
Poin 3 : Allah tetap SABAR dan memberi rizqi kepada semuanya, orang kafir yang menghina-Nya maupun mukmin.
http://elhaq-pos.blogspot.com

No comments:

Post a Comment